Jokowi Beri Kriteria untuk Calon Menteri di Kebinet Mendatang

Presiden Jokowi menyampaikan sambutan pada Silaturahmi Nasional Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI), di Hotel Ritz Carlton, Jakarta, Minggu (26/5) malam. (Foto: Setpres)

Jakarta,Reliji.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan ada kriteria untuk calon menteri pada Kabinet Kerja periode mendatang. Yakni, kata dia, mampu mengeksekusi dan memiliki kemampuan manajerial yang baik.

“Yang paling penting itu, mampu mengeksekusi, memiliki kemampuan manajerial yang baik. Dua hal  yang penting itu,” kata Presiden Jokowi menjawab wartawan usai menghadiri acara Silaturahmi Nasional Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI), di Hotel Ritz Carlton, Jakarta, Minggu (26/5).

Selain itu, lanjut Presiden Jokowi, memiliki integeritas dan kapabilitas.

Mengenai kemampuan mengeksekusi, Presiden Jokowi mengaku sudah menyampaikannya berkali-kali, yaitu mampu mengeksekusi program-program yang ada. “Kemampuan eksekutor itu yang paling penting,” tegasnya.

Sedangkan mengenai kemampuan manajerial, Presiden Jokowi menjelaskan karena ini mengelola sebuah ekonomi, baik ekonomi makro maupun ekonomi daerah.

“Mampu me-manage dari setiap masalah, problem, persoalan-program yang ada dengan program dan eksekusinya benar,” ujarnya

Adapun saat ini, kata Jokowi, untuk penyusunan kabinet untuk periode 2019-2024 sedang dimatangkan, dan terus dimatangkan. Tidak bicara apakah calon menteri mendatang dari partai politik atau tidak. “Yang paling penting kemampuan,” tuturnya.

BERITA TERKAIT

TERKINI

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here