Jokowi Ingin RUU Pesantren Segera Selesai

Presiden Jokowi berdialog dengan peserta acara Silaturahimdengan Kiai dan Tokoh se-Eks Karesidenan Kedu, di Gedung Tri Bhakti, Kota Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (23/3). (Foto dok.Setkab)

Magelang,Reliji.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) ingin agar Rancangan Undang-Undang (RUU) Pesantren segera diselesaikan. Hal ini karena dirinya sering masuk ke pondok pesantren, sehingga semakin tahu yang menjadi masalah disana.

Presiden mengatakan saat ini Indonesia memiliki 29 ribu pondok pesantren, baik besar, sedang, maupun yang kecil. Karena itu, ia berharap Undang-Undang Pondok Pesantren segera selesai.

Jika selesai, lanjutnya, maka undang-undang itu akan menjadi payung hukum mengalokasikan Anggaran Pendapaan dan Belanja Negara (APBN) ke pondok-pondok pesantren.

“Ini kita udah dorong terus agar bisa selesai,” kata Presiden Jokowi saat acara silaturahim dengan Kiai dan Tokoh se-Eks Karesidenan Kedu, di Gedung Tri Bhakti, Kota Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (23/3).

Menurutnya bahkan ada usulan dari sejumlah kiai agar adanya Menteri Pesantren, karena 29 ribu pesantren itu merupakan jumlah yang sangat besar sekali. Belum lagi jumlah santrinya, yang tentu mencapa jutaan. “Inilah pekerjaan-pekerjaan besar ke depan,” ujarnnya.

Sebelumnya Presiden Jokowi juga menyinggung keberadaan Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas yang ada di pesantren-pesantren. Setelah tahun lalu melakukan evaluasi terhadap keberadaan 75 BLK Komunitas di pesantren-pesantren, menurut Presiden, tahun ini pemerintah akan 1.000 lagi BLK Komunitas.

“Tahun depan saya sudah perintahkan kepada Menteri, tahun depan bukan 1.000 tapi 3.000 lagi dibangun di pondok pesantren,” tuturnya.

BERITA TERKAIT

TERKINI

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here