Jokowi : Pembangunan Infrastruktur Fisik Bagian Penting Pembangunan Infrastruktur Budaya

(Humas Kementerian Perindustrian)

Denpasar,Reliji.com – Pembangunan Infrastruktur fisik merupakan bagian penting dari pembangunan infrastruktur budaya. Demikian dikatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat memberikan kuliah umum di hadapan civitas akademika Institut Seni Indonesia (ISI), Denpasar, Bali, Sabtu (23/6).

“Tolong jangan dimaknai sebagai pembangunan infrastruktur fisik semata, ini banyak yang keliru, jangan pula dimaknai untuk pembangunan ekonomi semata,” katanya seperti dikutip Setkab.go.id.

Ia mengatakan pembangunan infrastruktur seperti pembangunan jalan, bandara, dan tol laut yang terus digenjot pemerintah selama 3 tahun terakhir ini akan membangun dan membentuk peradaban bagi bangsa Indonesia ke depan.

“Infrastruktur yang akan semakin mempersatukan 714 suku yang ada di Bumi Nusantara ini, yang akan semakin memajukan kebudayaan dan kesenian di masyarakat, yang akan semakin meningkatkan rasa keadilan bagi seluruh rakyat,” ujarnya.

Menurutnya pembangunan infrastruktur fisik merupakan tahapan besar pertama dalam pembangunan. Lalu segera akan disambung dengan peningkatan kualitas sumber daya manusia.

“Tahapan besar (pembangunan) yang kedua, untuk membangun SDM yang unggul, untuk membangun SDM yang kompetitif, untuk menguasai, mengendalikan, dan memanfaatkan ilmu pengetahuan serta teknologi yang berkembang begitu sangat cepatnya,” katanya.

Pada kesempatan itu, Jokowi juga mengingatkan pentingnya untuk menyiapkan diri dalam menghadapi perubahan dunia yang berlangsung sangat cepatnya sehingga bangsa Indonesia bisa berkompetisi dengan negara lain.

“Pembangunan infrastruktur juga merupakan salah satu langkah strategis kita menghadapi dunia yang sedang berubah dengan sangat cepatnya, dunia yang diwarnai dengan kompetisi yang semakin ketat dan semakin sangat keras,” ujarnya.

BERITA TERKAIT

TERKINI

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here