Jokowi Sangat Percaya TNI Dapat Mempertahankan Kedaulatan Indonesia

Capres Joko Widodo (Jokowi) saat debat capres keempat di Jakarta, Sabtu (30/3) malam.

Jakarta,Reliji.com – Dalam debat calon presiden (capres) keempat dengan tema ideologi, pertahanan dan keamanan, pemerintahan, dan hubungan internasional, calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi) menyatakan sangat mempercayai kemampuan Tentara Nasional Indonesia (TNI) dalam mempertahankan kedaulatan Indonesia.

“Sekali lagi saya masih sangat percaya kepada TNI kita dalam mempertahankan kedaulatan Indonesia, saya masih sangat percaya,” kata Jokowi dalam debat keempat calon presiden di Hotel Shangri-La, Jakarta, Sabtu (30/3) malam.

Adapun dalam anggaran pertahanan, ia mengatakan memang pemerintah saat ini baru memberikan prioritas pada pembangunan infrastruktur.

“Pada suatu saat apabila pertumbuhan ekonomi kita semakin baik, ekonomi dunia juga pada posisi normal kita akan bisa memberikan anggaran yang lebih baik pada TNI kita dalam rangka membangun alutsista ke depan yang lebih baik,” ujarnya.

Namun, ia mengaku bahwa anggaran pertahanan Indonesia lebih kecil dibandingkan negara-negara lainnya.

“Kalau tadi bapak (Prabowo) membandingkan kita dengan negara-negara lain anggaran kita lebih kecil tetapi saya masih meyakini dari informasi inteligen strategis yang masuk kepada saya bahwa 20 tahun ke depan invasi dari negara lain ke negara kita dapat dikatakan tidak ada,” kata Jokowi.

Menurutnya, yang perlu dicermati adalah soal keamanan di dalam negeri yang berkaitan dengan konflik.

“Oleh sebab itu, konflik jangan dianggap remeh. Konflik ini bisa menjadi membesar karena perang teknologi, perang elektronik yang dilakukan dari luar. Untuk itu saya ingin menggaris bawahi SDM TNI terutama dalam penguasaan teknologi persenjataan dan sangat diperlukan negara kita ke depan,” ujarnya.

BERITA TERKAIT

TERKINI

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here