Kepala BNPT Ajak Mahasiswa Identifikasi Penyebaran Paham Radikal

Kepala BNPTKomjen Pol Suhardi Alius dan pihak UPN Veteran. (Foto : bnpt.go.id)

Surabaya,Reliji.com – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Pol Suhardi Alius mengajak dosen dan mahasiswa untuk bersama-sama mengidentifikasi penyebaran paham radikal di sekitar mereka.

Menurutnya sinergi untuk bersama-sama mengidentifikasi penyebaran paham radikal itu, untuk menyelamatkan generasi muda yang masih labil emosinya dan mempunyai rasa keingintahuan lebih agar tidak menjadi target dari cuci otak kelompok radikal.

“Jangan sampai akibat nila setitik rusak susu sebelanga. Kita perlu siapkan mereka, para generasi muda,” katanya usai memberikan kuliah umum di Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jawa Timur, Surabaya, seperti dikutip Antara, Selasa (24/7).

Suhardi menjelaskan identifikasi itu berupa mengenali, memilah, dan memilih informasi yang masuk melalui teknologi digital.

Ia telah menyampaikan kepada para rektor dan wakil rektor perguruan tinggi terkait dengan fakta-fakta tentang penyebaran paham radikal yang dilakukan kelompok teroris. Dari pertemuan itu diharapkan terbentuk pola yang seragam dalam pencegahan radikalisme.

“Kalau di Kemendikbud ada pendidikan penguatan karakter. Nantinya akan ada konten-konten bagaimana mencegah paham itu masuk,” katanya.

Pola lain yang dapat mencegah paham radikalisme, lanjut Suhardi, dengan menanamkan nilai-nilai kebangsaan kepada generasi muda agar memiliki rasa cinta tanah air.

“Itu sudah dirumuskan oleh Mendikbud dan kami memantau. Jangan kami yang masuk, nanti kesannya kami yang ingin memberikan pemulihan malah membuat masyarakat ketakutan” ujarnya.

BERITA TERKAIT

TERKINI

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here