Menlu Retno : 40 Pemimpin Negara Ucapkan Selamat Kepada Jokowi

Menlu Retno Marsudi menjawab pertanyaan wartawan usai mendampingi Presiden Jokowi bertemu Menlu AS di Istana Merdeka, Minggu (5/8). (Foto: Setkab.go id)

Jakarta,Reliji.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendapat ucapan selamat dari puluhan pemimpin negara, setelah Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyelesaikan hasil rekapitulasi suara pemilihan umum atau Pemilu 2019 dan hasilnya Jokowi-Ma’ruf Amin unggul atas pesaingnya Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan hingga saat ini sudah 40 kepala negara dan tiga organisasi internasional menyampaikan selamat kepada Presiden Jokowi atas terpilihnya kembali sebagai kepala negara RI untuk periode 2019-2024.

“Pada saat pengumuman dilakukan KPU, sejumlah lagi kepala negara menyampaikan selamat kepada Presiden, sejauh ini sudah per hari ini, per detik ini sudah ada 40 negara plus tiga organisasi internasional yang sudah menyampaikan ucapan selamat,” kata Retno di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (27/5).

Retno mengatakan ucapan selamat dikirim melalui berbagai saluran mengingat perkembangan teknologi yang semakin canggih. Sehingga pengiriman ucapan selamat itu dapat dilakukan lebih cepat.

“Karena teknologi baru mereka bisa mengucapkan selamat melalui berbagai saluran, ada yang berupa twitter, menelepon langsung ke Presiden, tapi juga masih cukup banyak negara negara yang memakai cara yang tradisional,” ujarnya.

Lebih lanjut Retno mengatakan, kepala negara terakhir yang menyampaikan ucapan selamat kepada Jokowi adalah Perdana Menteri Kanada.

“Tadi juga saya melaporkan ke Presiden, bahwa Presiden Timor Leste juga ingin melakukan pembicaraan dengan Presiden untuk menyampaikan ucapan selamat,” ujarnya.

BERITA TERKAIT

TERKINI

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here