Penyakit Kanker Paru-paru Tak Halangi Sutopo Melayani Masyarakat

Jakarta,Reliji.com – Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho hampir setiap hari memberikan informasi kepada masyarakat Indonesia terkait bencana yang terjadi di seluruh wilayah Indonesia, tak terkecuali di Lombok, Nusa Tenggara Barat, maunpun bencana gempa yang baru-baru ini terjadi di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah.

Namun siapa sangka, dalam menjalani tugasnya itu lelaki kelahiran Boyolali, 7 Oktober 2018, tengah berjuang melawan sakit kanker paru-paru. Seperti tanpa terjadi apa-apa pada dirinya, Sutopo dengan gagah melayani masyarakat dengan memberikan informasi-informasi terbaru perihal bencana.

Pesiden Joko Widodo (Jokowi) yang bertemu dengan Sutopo di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Jumat (5/10), pun kagum dengan dedikasi Sutopo. Karena selama delapan tahun ini, setiap ada bencana, baik yang berkaitan dengan gempa, longsor, tsunami, dan kebakaran, Sutopo selalu tampil menginformasikan dengan cepat.

“Penjelasannya juga gamblang dan gampang diterima oleh masyarakat, dan informasi-informasi itu selalu disampaikan sehari tidak sekali, bisa 2 kali, 3 kali, 4 kali, 5 kali, sehingga informasi-informasi yang ada di lapangan itu selalu gamblang dan jelas,” kata Jokowi.

Menurutnya yang dilakukan oleh Sutopo itu sangat menginspirasi, bahwa meskipun dalam kondisi beliau yang sedang sakit tetap masih mendedikasikan semangatnya untuk pekerjaan yang digelutinya dalam sekian tahun.

Sutopo Dalam Pandangan Publik

Sutopo menjadi perbincangan publik, khususnya di media sosial Twitter, setelah beberapa waktu lalu, tagar #RaisaMeetSutopo menjadi viral. Hal tersebut lantaran salah satu twit Sutopo menyebut akun Twitter Raisa Andriana, @raisa6690, penyanyi yang terkenal dengan lagu “Apalah Arti Menunggu”.

Dalam twit itu, Sutopo menceritakan tentang penyakit kanker paru-paru stadium 4B yang diidapnya.

“Meski kanker paru stadium 4B, saya tetap berusaha melayani media dan masyarakat dengan baik. Untuk rekan penyintas kanker. Jangan patah semangat. Tetap sabar, kerja dan berdoa. Hidup itu bukan panjang-pendeknya usia. Tapi seberapa besar kita dapat membantu orang lain. @raisa6690pic” tulis Sutopo.

Unggahan Sutopo ini telah mendapatkan lebih dari 1.000 balasan, lebih dari 12.000 likes, dan di-retweet lebih dari 7.000 akun.

Twit ini membuat warganet terenyuh dan ramai-ramai memviralkan tagar #RaisaMeetSutopo agar impian Sutopo untuk berjumpa dengan Raisa dapat terlaksana.

BERITA TERKAIT

TERKINI

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here