Serahkan Ribuan KIP, Jokowi : Hanya Bisa Digunakan untuk Sekolah

Presiden Jokowi menghitung KIP yang diserahkan kepada 3.300 siswa SD, SMP, SMA/SMK, di SLB Negeri Pembina, Lebak Bulus, Jakarta, Rabu (6/3). (Foto: Setkab)

Jakarta,Reliji.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyerahkan 3.300 KIP di SLB Negeri Pembina, Lebak Bulus, Jakarta, Rabu (6/3). Ia menegaskan, uang yang ada di Kartu Indonesia Pintar (KIP) hanya bisa digunakan untuk hal-hal yang berkaitan dengan sekolah dan pendidikan.

“Kalau di luar itu nanti, ini janjian ya, kartunya kita cabut. Enggak boleh untuk hal-hal yang lain,” tegas Presiden.

Ia menjelaskan, KIP untuk SD dapat Rp450.000, SMP Rp750.000, dan untuk SMA/SMK Rp1.500.000 semuanya per tahun.

Di kesempatan itu, seorang penerima KI, ada yang menanyakan apakah anggarannya bisa digunakan untuk membeli handphone (HP), Presiden Jokowi dengan tegas mengatakan tidak boleh.

“Beli pulsa aja enggak boleh, beli HP apalagi. Enggak boleh. Pak Menteri ini perlu diberi tahu lagi ini. Beli seragam boleh. Uangnya belum diambil kan? Kalau diambil nanti boleh beli seragam, beli buku. Kalau masih beli sepatu, beli tas sekolah boleh,” ujarnya.

Presiden Jokowi mengatakan, setelah KIP untuk SD, SMP, SMA/SMK, nantinya ke depan akan ada lagi yang namanya KIP untuk kuliah.

Untuk itu, Presiden berpesan kepada penerima KIP yang ingin kuliah pakai KIP kuliah harus belajar yang rajin, belajar keras agar bisa nanti kuliah, entah di akademi, bisa di universitas, bisa di perguruan tinggi.

“Silakan. Tapi yang paling penting anak-anak harus berprestasi dan memiliki semangat belajar yang baik ya,” tuturnya.

Sebelumnya Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy dalam laporannya menyampaikan, penerima KIP semua jenjang se-DKI sebanyak 31.299 siswa dengan nilai bantuan Rp4.111.000.180.875,00.

BERITA TERKAIT

TERKINI

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here