Survei Pilpres LIPI: Jokowi Masih Paling Unggul

Presiden RI Ir. H. Joko Widodo (foto: setkab.go.id)

Jakarta, Reliji.com – Pusat Penelitian Politik (P2P) Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) merilis hasil survei terkait pilpres 2019. Hasil survei P2P LIPI menyatakan, tingkat elektabilitas Joko Widodo (Jokowi) unggul dibanding rivalnya, Prabowo Subianto.

Keunggulan Jokoowi atas Prabowo terpampang dalam survei dengan pertanyaan terbuka soal sosok capres potensial di Pilpres 2019.

“Pilihan Capres lewat pertnyaan terbuka, Jokowi 46 persen, Prabowo 17 persen,” kata Peneliti Senior P2P LIPI Wawan Ichwanuddin dalam paparan survei, Kamis (19/7).

Dari pertanyaan terbuka ini, muncul nama Mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo. Gatot memiliki elektabilitas sebesar 1 persen.

Sementara itu, sebanyak 32 persen responden lainnya tidak menjawab. Kemudian persen responden menyebut nama lain.

“Elektabilitas Jokowi sebagai calon presiden masih tertinggi dibandingkan nama-ama lain, baik saat ditanyakan dengan pertanyaan terbuka maupun pertanyaan tertutup,” terang Wawan.

Untuk pertanyaan tertutup, nama Jokowi tetap unggul dibandingkan Prabowo. Dari 10 nama dengan pertanyaan tertutup, Jokowi berada di posisi teratas dengan mengantungi elektabilitas 53,3 persen.

Setelah Jokowi, nama Prabowo di peringkat kedua dengan perolehan 22 persen, Gatot 3,1 persen, Agus Harimurti Yudhoyono 2,6 persen, Anies Baswedan 1,7 persen, ridwan Kamil 1,6 persen, Muhammad Zaainul Majdi alias TGB 1,4 persen, Muhaimin Iskandar 0,7 persen, Ahmad Heryawan 0,7 persen dan Tito KArnavian 0,3 persen.

Survei ini melibatkan 2.100 responden, dengan margin of error plus minus sekitar 2,14 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara tatap muka oleh enumerator yang telah dilatih dengan instrumen kuesioner. Pengumpulan data dilakukan pada 19 April – 5 Mei 2018.

BERITA TERKAIT

TERKINI

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here